Selasa, 01 September 2015

Gorontalo





     Gorontalo adalah provinsi yang terletak di sebelah utara sulawesi, hasil dari pemekaran dari provinsi Sulawesi Utara pada tahun 2000 atas dasar Undang Undang No. 38 tahun 2000.  Walaupun di resmikan menjadi sebuah provinsi pada tahun 2000, tapi Provinsi Gorontalo yang pada waktu itu masih bagian dari provinsi  Sulawesi Utara menyerukan bebas dari penjajah pada tanggal 12 januari 1992.jadi bisa di katakan bahwa provinsi Gorontalo ini adalah
sebuah daerah yang merdeka terlebih dahulu dari padanegarannya sendiri yaitu Indonesia yang merdekannya nanti tahun 1945.Provinsi Gorontalo juga adalah salah satu provinsi yang terkenal akan mitos-mitos nenek moyangnya. Di provinsi Gorontalo, mayoritas penduduknya beragama Islam. Jadi adat istiadatnya di sesuaikan dengan hukum Islam. Adat istiadat di provinsi Gorontalo yaitu “adat bersendikan syara dan syara bersendikan kitabullah”, makannya provinsi Gorontalo sering di sebut sebagai serambi Madinah Karena hukum islamnya yang di junjung tinggi di sana.
  


  Gorontalo adalah provinsi yang kaya akan kebudayaannya. Salah satu budaya di provinsi Gorontalo yaitu tradisi “Tumbilo Tohe” artinya menyalakan lampu. Tradisi itu di lakukan ketika malam ke 27 Ramadhan sampai malam takbiran, atau sering di sebut malam Lailatul Qodar. Pada malam itu semua masyarakat gorontalo berbondong-bondong memasang lampu yang di buat dari botol yang di dalamnya berisikan minyak tanah. Lampu-lampu ini biasannya di buat dalam jumlah yang banyak agar pada malam itu bisa lebih indah dengan cahaya lampu botol tersebut. Tidak sedikit orang yang sering mengabadikan moment setahun sekali ini dan hanya terdapat di provinsi Gorontalo. Sebenarnya masih banyak lagi budaya-budaya yang lainnya yang ada di Gorontalo, seperti tradisi pada saat maulid nabi Muhammad, dll.

   
  Makanan khas dari provinsi Gorontalo adalah binthe biluhuta, atau jagung siram. Makanan ini sepintas kayak sop jagung yang di bumbuhi parutan kelapa dan kadang juga di bumbuhi dengan sayur terong. Kelihatannya bahan-bahannya nggak begitu menarik, namun kerena tangan-tangan kreatif dari masyarakat Gorontalo, mmm.. makanan ini terasa sangat nikmat ketika kita makan. Ada lagi makanan khas Gorontalo yang wajib di cicipi ketika teman-teman sekalian mampir ke Gorontalo, namanya adalah “dabu-dabu sagela”. Dabu-dabu itu artinya sambel dan sagela itu adalah ikan roa yang di asap. Makanan ini juga nggak kalah enaknya, bahkan ada teman se kosan saya yang udah nyicipi makanan ini, katannya  makanan ini adalah salah satu masakan tradisional yang bercitra rasa tinggi, apalagi makannya pake nasi sama sayur kangkung, uuh nikmat... sampe buat ngiler. Oke deh sekian dulu deskripsi saya tentang provinsi gorontalo, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Wabillahi taufiq walhidayah wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar